Friday, January 23, 2015

Field Trip: Menara Siger, Lampung


Kemarin sudah ke Way Kambas, pagi ini, sebelum jalan lagi, sarapan dulu pakai Pecel Mie ala Lampung, pecel yang pakai bihun, bukan nasi.

Jadi yaa, sebenernya di Lampung itu banyakan transmigrannya, ada yang dari daerah Jawa, Bali, dll. Makanya ada banyak nama daerah di sana yang sama dengan daerah di Jawa. Karena memang dinamakan sesuai dengan asal penduduknya. Di Kampung Bali-pun demikian, saat masuk daerah sana, kayak ga di Lampung aja rasanya, setiap rumah ada pura, banyak sesajen, kain kotak-kotak, anjing, yaaah, sebelas dua belas ama Bali beneran deh, kecuali kondisi jalanan dan juga ga ada turis seliweran aja. :)

Selesai puter-puter, mampir deh makan bakso, trus langsung balik rumah. Oom Mantri kan dokter, buka praktek di rumah, jadi yaa gitu deh, pasiennya udah pada nungguin, jadi ga bisa ditinggal lama-lama, sebentar aja udah dering-dering telepon. Rencananya, siang ini kami mau ke Tanjung Karang, mau City Tour, sekalian biar lebih dekat saat besok mau nyeberang ke Bakauheni. Eh kok nyebrang? Hehehe, iya, kami ke Lampung punya 2 misi, selain liburan, juga mau ambilin mobil Bapak di rumah Oom. Jadilah berangkat naik burung besi, pulangnya kita mau ngebolang dulu, yippieee. :D


Setelah jemput Bulik Arie yang lagi nungguin tokonya di Pasar Kota Gajah, kami lanjutkan perjalanan ke Tanjung Karang dengan 2 mobil. Kami bawa mobil Bapak, Bulik ama Dek Putri pake mobil sendiri juga. Konvoi deh. Sampai Tanjung Karang langsung nyari hotel dulu, setelah dapet, langsung ke Ciputra Water Park, maenan air, qiqiqi seruuuu, meskipun aku cuma jepret-jepret dari pinggir aja, males nyemplung euy. :)

Puas main air, lanjut makan malem di Rumah Kayu, salah satu resto favorit keluarga Bulik. Setelah kenyang, balik ke hotel, istirahat, karena besok kami akan lanjut nyebrang ke Jawa.


Pagi di hari Jum'at, Bulik dan Dek Putri cabut duluan karena mau balik ke Kota Gajah. Sedangkan kami, masih santai-santai sarapan, lalu kemas-kemas, jam 10 baru check out. Tujuan kami selanjutnya adalah Menara Siger, si Titik Nol Pulau Sumatera. Siger sendiri adalah topi adat pengantin wanita Lampung, jadi menaranya memang dibangun menyerupai hiasan kepala itu, cantik. Letaknya persis sebelum Pelabuhan Bakauheni, petunjuk jalannya sudah ok, jadi sangat mudah dicari. Pemandangan dari Menara Siger sangat apik, sambil duduk-duduk di tangga, bisa melihat keindahan lautan lepas, seger bener deh klu lihat air. Sayangnya pas ke sana, pintu ke ruang display terkunci, coba kalau pas buka, bisa sekalian belajar segala hal tentang Lampung. :)




Puas melihat pemandangan dan foto-foto, kami menuju Masjid untuk Shalat Jum'at, lalu makan, dan langsung ke Pelabuhan Bakauheni. Di ruang istirahat yang disediakan untuk penumpang, ada gelaran tikar dan juga bantal, sewanya Rp.15.000 per orang, lumayanlah bisa buat tiduran, karena agak mabok laut, qiqiqiqi, maklum aku paling poool, nyebrang dari Jawa ke Bali atau dari Jawa ke Madura, itupun ga ada sejam perjalanan. Pernah pesiar dengan KRI Teluk Penyu jaman masih bocah, konon dulu sekitar 4 jam, tapi ga ingat rasanya gimana, ingatnya ada Agnes Monica aja. Jadilah sekarang, nyebrang sekitar 2-3 jam rasanya pusing pala berbie. VaRo sama Bapaknya malah asyik nonton kartun, Emaknya sudah ga nahan, mending merem daripada mabok, malu-maluin. :P


Setelah perjalanan laut yang amat panjang bagiku, akhirnya bisa menginjak daratan lagi. Dan emang bener yaa, begitu di tanah Jawa, sangat beda dibanding tanah Sumatera, yang langsung terasa adalah, pemandangan kanan kiri jalan dan juga kondisi jalanan. Udah minim ijo ijo lagi, yang ada kerukan tanah di sana sini, tapiii, enaknya jalanan udah muluuusss. :)

Tujuan kami berikutnya adalah ke rumah Masku, di daerah Bekasi. Kami akan melewati tol tengah kota, di hari Jum'at, pas jam pulang kantor, what a perfect combination. Maunya siiiyy, maunya pas macet bisa ngajakin anak lanang menikmati pemandangan gedung pencakar langit, apalah daya, baru beberapa km dari Pelabuhan, dia sudah bobok ganteng di jok tengah.

Satu hal yang bener-bener kami syukuri keberadaannya adalah si TomTom, GPS satelit kami. Cukup masukkan koordinat, dan kamipun bisa melaju. Ga kebayang klu ga ada dia, secara papan nama di tol bujubuneng banyaknya, bisa kesasar bener, karena emang buta daerah Jakarta. Ini pertama kali ngebolang bawa mobil sendiri di hutan belantara Ibu Kota. Alhamdulillaah, atas petunjuk TomTom, kamipun sampai di rumah Mas, tepat jam 9 malem, total perjalanan dari Tanjung Karang 11 jam. Terima kasih TomTom. Sekarang saatnya merem cantik, karena besok mo jalan-jalan lagiiii. ^_^

*bersambung...

0 komentar: