Friday, February 20, 2009

USG 4 Dimensi

Whoaa kedengerannya keren ya, 4 dimensi boo', kayak apa ya rupa gambarnya?? Menurut dokter kandunganku sih (dgn penjelasan buat orang awam kayak awak gini loh ya.. :D), perbedaan 4D ma yang 2D cuma masalah resolusi aja, ibaratnya kamera digital jadul 3.2MP ma kamera digital jaman skg yang nyampe 10MP lebih :D Trus gunanya apa dunk USG 4D selain gambarnya yang lebih jelas daripada versi siluet item putih samar samar ala 2D yang lebih umum digunakan para obgin yang terhormat di negeri ini?? Yhaa skali lagi ini masalah pilihan para calon ortu, karena selain bayarnya muahal juga ndak semua tempat punya fasilitas ini *huehehhe, kok kayaknya ndak menjelaskan apa apa yaa kalimatku ini :P*

Eniwei.. setelah tanya kanan kiri, di Surabaya tercintah ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas USG 4D, antara lain RS. Mitra Keluarga, RS. Siloam, RS. Putri, n RSB. Lombok 22 (klu ada yang lain monggo saya dikoreksi), dengan rentang biaya antara 500rb sampai dengan sejeti lebih. Whoott..?? kok beda beda harganya?? Hehee ya iyalah, kan sesuai pepatah yang beredar, "ada uang abang sayang, gak ada uang abang ditendang" klklklklk, ndak dink, ,maksudku, ada harga yaa ada fasilitas, ada harga yaa ada tenaga yang lebih ahli, ada harga ada pelayanan yang lebih, begitulah kira kira :)

Trus, hitung hitung uang dunk.. Ya iyalah.. kan bayarnya pake duit bukan daun *kyk iklan aja, bayar pake daun, hehehe* :D Selain itu konsultasikan dengan dokter kandungan, jika bliow mengatakan bahwa kondisi janin baek baek aja berarti USG 4D pure hak "narsis" calon ortu buat ngeliat polah tingkah babynya dalam perut. Tidak ada alasan medis yang mendasari alasan diadakannya USG 4D, yang ada cuma alasan ada duit apa ndak buat 4D.

Seperti yang terjadi pada dirikuh n suamikuh tercintah, alhamdulillah dokter kandungan menyatakan janinku baek baek aja, sehat wal'afiat lahir batin insya Allah. Tapi kok yaa dasar wong tuwane kadung mupeng pingin tau 4D itu kayak gimana, trus ada istri temen SMK-ku yang juga dah USG 4D dan ceritanya kok makin membuatku ngiler, akhirnya.. setelah mendapatkan hujan duit dari langit *ngayal.. :D* kami memutuskan buat ikut ikutan USG 4D, sekedar pingin tau plus ingin mendapatkan info lebih detil tentang kondisi anakku sing cakep dewe :)

Kemanakah kami "menyumbangkan" beberapa ratus ribu rupiah itu akhirnya?? Hehehe, berhubung kami golongan orang yang manut ama rekomendasi dokter kandunganku yang super cantik plus terkenal itu, akhirnya kami buat reservasi di RS. Putri, dimana itu?? Itu loo di Jl. Arif Rahman Hakim, persis depannya Universitas Patung Buto, klklklk *klu ada yang baca tulisan ini n kebetulan kuliah di situ bsa ditimpuk pake kursi aku :D*

Akhirnya deal dengan Dr. Adityawarman Sp.OG(K) *smoga bener tulisan gelarnya* hari Jum'at, 20 Februari 2009, pk.17.00. Berhubung aku di Ketintang n misua di Kebalen, akhirnya jam 3 Papa dah meluncur untuk menjemput tuan puteri yang cantik ini. Nyampe di Ketintang 45 menit kemudian, dan langsung meluncur ke lokasi. Alhamdulillah jalanan gak macet walopun diiringi hujan lumayan deras. Nyampe RS masih pk.16.30, hahahahaha semangat bangett yaa, datengnya awal banget, kok klu ngantor gak bsa berangkat awal gini ya.. :D

Pada akhirnya, kami harus menunggu sampe akhirnya jam 5 tet masuk ke ruangan USG 4D. Apa kesanku..?? hehehe dokternya cool banget, kayaknya dia bule deh, wong rambutnya putih semua, klklklk, hushh.. *ampun pak Dokter..*. Oya, knapa kok aku mau USG di situ padal dokternya cowok?? Lhaa dah nanya dimana mana cowok semua jeh, trus mau gimana coba selain pasrah. Oya, mister dokter mempunyai 2 suster yang ramah sekali. Jauh lebih menyenangkan ngobrol ama susternya ketimbang ama dokternya, wakakakaka.

Setelah diolesi jeli dingin dan lampu ruangan dimatikan, akhirnya prosesi USG dimulai, tentunya setelah ditanyain alasan USG 4D, ada surat rujukan ato tidak, kapan terakhir mens *yang kujawab dengan agak ragu, ternyata aku dah lupa kapan terakhir mens, klklklk padal baru 7 bulan yang lalu :P*, usiaku, dll. Perlahan muncul gambar kecoklatan di monitor, huehehe, emang sih beda ama USG 2D, yang ini lebih "nyata" walopun bagiku tetap membingungkan, gimana gak bingung coba, dokternya dieeeemm aja, cuma main klak klik klak klik, ukur sana sini, trus muncul usia de2k plus ukuran organ yang lagi diukur. Gitu terus berganti ganti, akhirnya aku tau itu ngukur panjang tulang belulang de2k, trus abs itu ngeliat jantung, hati, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya. Lanjut ngukur bibir, telinga, kepala, tangan, dan kaki. Abs itu tiba tiba muncul buletan berwarna biru n merah, ketika kutanya apa itu, katanya peredaran darah, trus aku tanya lagi dunk, apa bedanya yang biru n merah? Jawabnya "sama aja, gak ada bedanya", walaaaahhhh nyesel rek aku takon.. :D *padal dah buanyak daftar pertanyaanku di kepala, jadi nguap gitu aja :P* Belon ilang kebingunganku, tiba tiba terdengar suara-suara aneh, hehehe yang ternyata suara peredaran darah, heart beats, dan beberapa suara made in anakku :P Yaa sutralah pasrah aja, yang kutahu n membuatku lega hanyalah gumaman mister dokter yang bilang "bagus..bagus..bagus.." alhamdulillah... :) Eeehh, lha Papa dimana n ngapain?? Papa yaa berdiri di dekatku, sesekali memegang tanganku, selebihnya?? lebih sibuk megangin tustel sambil jeprat jepret, trus ama ngeliatin monitor dengan seksama dan bingung juga, hoehehehhee...


Setelah jadi tukang ukur, mister dokter mulai buka suara. Ini beratnya 1.1kg di usia 28W, normal. Kutanya kira2 lahirnya ntar brapa kilo?? Katanya skitar 3.2kg di pertengahan Mei, alhamdulillah.. setidaknya dah kebayang "ngedennya" gak terlalu ngoyo *klklklk koyok sing wis nate melahirkan aja, padal skalinya ngeluarin Rayyan dibius total :P*. Abis itu, melihat bagian "bawah" si de2k, yang dengan sukarelanya diliatin gitu aja, woeheheheh, turunane sopo ki ya..?? lanjut ngeliat tangan n jari jari mungilnya, trus berusaha ngintip wajahnya mirip sapa Nak..?? klklk knapa kok berusaha?? Ya iyaaa.. lhawong cintakuh ini lagi sibuk ngenyot jempol kirinya, sambil tangan satunya nutupin wajahe, woahahahaha knapa yang ditutupin bukan bagian "bawah"mu aja sih Nak.. :D Mister dokter dengan gigihnya berusaha "menyuruh" de2k buat ngelepasin dulu jempolnya, *klu mauku sih tak suruh senyum sambil peace.. (mboke narsis..)*, de2k diajakin ngobrol trus perutku digoyang2, aku disuruh miring ke kiri *kepala de2k ada di kanan bawah*, wis gak nyaman blass, sampe tangan misuaku tak remet2 saking aku sebenere kasian anakku, perutku digoyang2 gitu :D Ealah.. dasar keukeuh, alias ngeyel si de2k tetep aja dengan nyantainya ngenyot jempole, mungkin dipikirnya *nih dokter reseh ya, enak enak ngenyot kok diganggu* klklklklk, pada akhirnya sempat dilepas juga sih, walopun cuma sebentar, dan perasaanku mengatakan, dia lagi bete keasyikannya diganggu, hoehehehe, abs itu ngenyot lagiii... klklllklkl lucunya anakku.. :D

@All, alhamdulillah kondisi anakku baek baek aja, normal, sehat wal'afiat, tanpa kelainan apapun, letak plasenta juga di atas, cairan amnion aka air ketuban jumlahnya juga normal, smoga kelak kau terlahir sebagai jagoan bunda yang sholeh, masa depanmu cerah, dan sederet panjang doa bunda n bapak buatmu Nak.. amiin.. Terima kasih juga buat mbak mbak resepsionis RS. Putri yang ramah, suster2 yang juga gak kalah ramah n sumeh, plus mister dokter yang cool, hehehe, aku tau kok, mister dokter gak banyak bicara karena lagi sibuk ngukur, ntar malah salah ukur bsa berabe :P toh pada akhirnya setelah selesai mengukur, mulai buka suara n ternyata lumayan enak juga kok nih dokter :) peace ya dok.. :D

Oyaa sepulang dari RS. Putri, kami dikasih buku besar berisi rekam mediknya de2k, foto2 *sayange yang berwarna cuma 4 biji, lainnya item putih doank.. :D*, dan VCD berisi aktivitas de2k selama di USG *yang paling banyak yaa aktivitas ngenyot jempol, hoehehehe.. :P*. Gak nyesel bayar mahal, walopun buanyak istilah kedokteran yang kami gak ngerti di buku besar itu, tapi whateverlah, ntar pas konsul ke bu dokter kan bsa nanya :)

7 comments: