Wednesday, July 18, 2012

Serunya MOS (Masa Orientasi Siswa)

Masa Orientasi Siswa, aku mengalaminya 13 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1999 saat aku jadi siswa baru di sekolah tercuintah, "SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang" :) Tak kusangka di tahun ini, aku mengalaminya lagi.. eeiittss.. tapi bukan aku yang jadi siswa MOS, melainkan VaRo, anakku, hahaha.. time flies.. :P

Berhubung dia telah terdaftar menjadi siswa di "PG/ TK Alif", maka mulai tanggal 10 Juli 2012, dia mengikuti program MOS, hehehe.. nggaya euy.. kecil-kecil udah pake MOS :) Tujuannya masih sama dengan MOS pada umumnya, yaitu pengenalan siswa pada lingkungan barunya, sekolah barunya, teman dan ustadzah barunya. Yang berbeda adalah, orang tua masih diperbolehkan menunggui anaknya, wajarlah yaa.. baru pertama pisah dengan orang tua, jadi perlu adaptasi lebih.

Oya, sebelum dimulai MOS, wali murid diundang ke sekolah, untuk pengenalan program dan kurikulum sekolah. Intinya siy, biar ga terjadi "tabrakan" antara perlakuan di rumah dan di sekolah, bagaimanapun sesuatu yang serasi selaras dan seimbang, pasti lebih bagus hasilnya bukan? :)

Berikut akan kuceritakan serunya MOS VaRo, selama 4 hari ini, apalagi pas Mamanya jadi single fighter selama seminggu, karena si bapak lagi sertifikasi CCNA di Semarang, whoaaahh.. mantaaabbss.. :)

DAY #1
Jam sekolah pk.08.00-10.00 WIB

Kesibukan sudah dimulai sejak malamnya, yaitu memotong kuku, menyiapkan apa-apa yang harus dibawa ke sekolah, dan tetek bengek lainnya.

VaRo sudah kubangunkan jam 6 pagi, ga pake ba bi bu, langsung disuapin, sampai jam 7 baru selesai tu acara sarapan. Bergegas mandi, berganti pakaian (masih pakaian bebas, karena seragam belum lengkap), dan weeerrr.. kupacu si Merah Merona ke sekolah VaRo, yang jarak sebenarnya ga sampai 50 meter dari rumah (tepatnya di belakang rumah, cuma dibatasi sawah aja), tapiii.. karena tak ada jalan menyeberang sawah, akhirnya harus muter dulu, wkwkwkwkkw.. lha bagaimana lagi, mosok mau pake sepatu boot nekat nyebrang sawah, haiyah.. ogaahh.. nanti dimarahi pak tani lagi :D

Sesampainya di sekolah, kejadian serupun dimulai. Ada yang pemberani, langsung lepas dari Ibunya. Ada yang malu-malu kucing, ada juga yang berpegangan erat, sampai menangis meraung-raung. Acara dibuka dengan membentuk barisan, nyanyi-nyanyi, membentuk lingkaran, main kereta-kereta apian, melepas balon, melepas burung, trus bergaya bak burung untuk masuk ke dalam kelas.

Oya, untuk berangkat dan pulang sekolah, memang siswa memakai sepatu dan kaos kaki. Tapi begitu nyampai di sekolah, langsung pada ganti kostum menjadi sendal jepit. Iya, jadi tiap siswa wajib meninggalkan sepasang sendal jepit untuk dipakai selama di sekolah, hehehe.. berasa main-main bangett ya.. Selain sendal jepit, siswa juga meninggalkan sepasang baju ganti juga sikat + pasta gigi. Takutnya ada yang masih ngompol :)

Bagaimana dengan VaRo? As usual, di daerah baru, dia akan cenderung menarik diri untuk sementara waktu, dia akan mengobservasi, butuh waktu baginya untuk merasa nyaman. Jadi, di hari pertama ini, Mama dengan suksesnya ikut masuk ke dalam kelas. Mengikuti pelajaran PG, hahahha, tau aja niy thole, klu Mamanya dulu ga sempat ngerasain sekolah PG, langsung TK aja gitu, belum musim euy.. :D

DAY #2


Hari ini dimulai dengan keceriaan. VaRo bangun lebih pagi dari sebelumnya, lebih bersemangat. Dan akupun berharap, semoga hari ini berlangsung aman terkendali :)

Bagaimana hasilnya? Hehehe, walaupun kenyataan belum seindah harapan, tapi hari ini banyak kemajuan. Ga lagi ndempel kayak prangko ke Mama, ditanyain ustadzah dah mau jawab, salim juga dah berani maju sendiri, baris berbaris dah berani sendiri *walaupun dengan wajah menahan tangis :p* hehehe, tak mengapa jagoan.. masih ada waktu MOS tersisa, cemungudh.. kamu pasti bisa.. :D


DAY #3

Alhamdulillah.. jagoanku sudah berani masuk kelas sendiri, walaupun sempat insiden menangis karena ditinggal Mama (padal Mamanya yaa nunggu aja gitu di luar pager :P), tapi ga lama, dan menurut Ustazdahnya, doi ceriwisss bangett, banyak ngomongnya, mau menggambar dengan crayon, bermain lego, nyanyi, dll. Good Job Nak.. Tiada lagi yang bisa membuat Mama bahagia lebih dari ini.. Im so proud with you.. Muwach..


DAY #4

Hari ini, Bapaknya sudah pulang dari on duty ke Semarang, saatnya berangkat sekolah dengan formasi lengkap :) Ternyata yaa.. begitu ada bapaknya, gantian nempel kayak perangko ke bapaknya. Untung dari rumah, sudah kuwanti-wanti, harus tega, demi kebaikan anak. Jadinya, meski ada sedikit rengekan dan tangisan, bisa juga yuukk dadah babay ama si murid baru :)

Alhamdulillah, so far kegiatan MOS membawa dampak positif kepada VaRo. Sudah ada hasilnya tuh, di rumah jadi tambah mandiri, bergaul makin berani, daaan tingkat pecicilannya pun meningkat drastis.. wkwkwkwkwkw.. :)

Mama dan Bapak bangga padamu, Nak. Di usiamu yang baru 3 tahun 2 bulan ini, sudah berani sekolah sendiri, tanpa ditemani Mama ataupun Bapak. Bahkan di hari pertama sekolah beneran (after MOS), aku sudah dikasih kiss bye aja.. hehehe.. anakku sudah mulai besar.. :)

Jadi terngiang-ngiang "doktrin lagu" yang dikumandangkan di sekolah VaRo setiap akan masuk kelas:

Good Bye Mama.. Good Bye Papa.. Aku mau sekolah.. 2x
Aku sekolah.. sendiri saja.. tanpa ditunggu.. oleh Mama..
Aku sekolah.. sendiri saja.. tanpa ditunggu.. oleh Papa.. :D

0 komentar: