Thursday, June 25, 2015

Beberapa Sunnah Rasul saat Ramadhan


Puasa Ramadhan bukan cuma menahan lapar dan haus, bukan cuma menggeser jam makan jadi sahur dan buka, bukan pula ajang balas dendam makan sepuasnya pas berbuka karena sudah belasan jam perut nempel ke punggung.

Di Syahru Mubarak ini, ada banyak sekali berkah yang bisa kita raih, ada banyak sunnah Rasul yang bisa kita perjuangkan untuk dicontoh, diantaranya:

- Sahur, meskipun kuat puasa tanpa sahur sekalipun, tetap usahakan sahur, dan akhirkan, karena bangun sahur itu ada di sepertiga malam terakhir. Jangan lupa niat ya, karena ketika kita niat, maka otak akan otomatis memerintah tubuh menyesuaikan diri. Itulah yang menyebabkan laparnya orang puasa dan ga puasa itu beda. Laparnya orang puasa enak dipakai tidur, coba klu ga pas puasa, manalah enak tidur dalam keadaan lapar. Itulah kekuatan azzam, niat.
- Berbuka, segeralah berbuka ketika waktunya tiba, dan tirulah Rasulullaah yang berbuka dengan 3 butir kurma dan air. Tak usah berlebihan, ga pake balas dendam kalap makan. Kurma akan dicerna dalam waktu 4 menit, dan itu akan dengan segera memulihkan tenaga kita. Setelah makan ta'jil itu segera shalat berjamaah.
- Shalat Taraweh, hanya ada di bulan Ramadhan, jadi usahakan jangan sampai bolong klu bukan karena 'udzur syar'i. Klu ga bisa di Masjid ya shalat di rumah.
- Selain itu, ada banyak kebaikan lain yang in syaa Allaah bisa membantu menyelamatkan kita kelak di yaumil hisab, di antaranya tilawah Qur'an, shadaqah, amalan amalan sunnah lain.

Semoga hidup kita berkah, keluarga dan rumah tangga kita berkah, rumah kita berkah, semua yang melekat pada kita penuh berkah, dan Allaah SWT ridha, Aamiin YRA
angel emoticon

*Dirangkum dari ceramah taraweh Pak Ustadz, semoga bermanfaat bagi kita semua

‪#‎Muhasabah‬
‪#‎Ramadhan‬
‪#‎SilakanShare‬

0 komentar: