Thursday, May 01, 2008

Puthu: Jajanan Tempoe Doeloe

Sore sore abis shalat Maghrib, aku dikagetkan dengan suara siulan khas yang baru kali ini kudengar di daerah perumahanku. Siulan apakah gerangan?? Hehee, itu loo siulan dari cerobong kukusan puthu :) Waahh, aku langsung "njjenggirat" make kerudung n buka pager, tengok kanan kiri sambil mencari cari sumber siulan itu. Yupiii akhirnya ketemu juga, siulan khas itu plus sinar "obor mungilnya" yang pasti terlihat di gelap malam. Spontan aku panggil si penjual puthu yang membuat lidahku ngiler ngiler saking kangennya ama rasa anget manisnya puthu :D (Maklum, terakhir makan puthu waktu masih tinggal sama ortu di kampung halamanku sonoh, dan itu berarti dah hampir 10 tahunan)

"Berapaan pak..??", tanyaku. "Seribu dapet 3 mbak..".

Ya uwis aku langsung pesen beberapa puthu, lalu dengan cekatannya si bapak bertopi itu memasukkan adonan berupa tepung beras stengah mateng yang udah dikasih warna ijo (dari daun suji) ke dalam bumbung bambu yang mungil lalu setelah itu dikasih gula merah bubuk trus ditutup lagi ama tepung beras. Selanjutnya bumbung itu diletakkan di atas kukusan, sementara si "cerobong siul" disumbat dulu biar gak berisik, kan lagi ngeladenin pembeli :D

Ternyata bukan cuma aku aja lho yang surprise akan datangnya si tukang puthu ini, tetangga2 sebelah juga langsung ngeborong aja, mumpung ada katanya :)

Oya, Setelah matang, lalu isi puthu didorong keluar ama "tongkat" khusus trus ditaburi ama parutan kelapa (yang udah dikukus juga biar awet). Hmmmm, sungguh lezatnya dapet ngerasain jajanan murah meriah non kolesterol ini :) Btw ada yang belon pernah ngeliat apalagi ngerasain puthu..?? Ini aku kasih gambarnya, kali aja kalian pernah makan/ liat tapi gak tau namanya/ punya nama yang berbeda untuk jajanan mungil ini :)

0 komentar: