Tuesday, October 16, 2007

Ketupat Buatanku

Gak kerasa klu liburan massal dah hampir habis (sebenernya sih masih sampe tgl 21, tapi berhubung suamiku kena piket tgl 18-19, jadi bsok dah harus balik ke Surabaya deh..).
Lebaran ketupat aja belon.. tapi berhubung suamiku dah pingin ngerasain jadi deh.. kita kita para wanita (aku, ibu mertua, eyang, ama budhe Ni) masak besar bikin ketupat, lepet, lengkap ama opor dan sambel goreng :) Nyummi...

Ini adalah pertama kalinya aku bikin ketupat, maklum di keluargaku tidak ada tradisi itu, palingan aku makan ketupat hasil dari hantaran tetangga tetanggaku :P Jadi ndak heran klu aku masih NOL besar dalam hal perketupatan :D Mulai bikin ketupat dari janur, resepnya, sampe cara bikinnya cuma tau teori doank, prakteknya?? NOL :P

Kagum aku ama suamiku, ternyata dia mahir bikin ketupat, cepet banget, akhirnya aku minta diajarin dunk cara bikin ketupat, heheheh, ternyata gampang gampang susah, setelah beberapa kali percobaan, baru bisa :P horeeee... ketupat perdanaku nih.. :P Aku dah kegirangan gitu, pamer ke ibu ama budhe, sampe diketawain.. hehehe, biarin ah.. emang aku hepi banget akhirnya bsa kok.. :P
Adapun bahan ketupat itu cuma beras yang udah dicuci bersih aja, diisi sampe setengah dari ketupat, jangan berlebih ntar malah gak jadi ketupat :P Abis itu dikukus sampe skitar 4 jam, lama ya..?? gak secepet makannya :P

Lain ketupat, lain lepet, makanan satu ini dibikinnya dari ketan, kelapa parut (pantat kelapa harus dikerok sampe putih biar bagus warna lepetnya), gula ama garam, jadi lebih berasa :) Semua bahan itu dicampur lalu dibungkus ama janur juga, tapi yang ini aku ndak ikut ikut. Ngeliat aja, ntar tahun depan klu ada acara bikin lepet lagi baru aku mau turun tangan, klu sekarang observasi dulu :P

0 komentar: