Friday, November 09, 2012

Penting Bagi Muslim :)


Mensyukuri 4 nikmat ini saat bangun tidur:
1. Nikmat iman, petunjuk dan hidayah yang diberikan Allah SWT kepada kita. Bayangkan jika kita hidup tanpa hidayah dan petunjukNya, apa yang akan terjadi?
2. Nikmat menjadi ummat Nabi Muhammad SAW. 
3. Nikmat rizki yang dititipkan kepada kita. Yups, semua yang kita miliki saat ini adalah titipan, syukurilah, dan letakkan semuanya di tangan (jangan di hati), supaya kita lebih mudah dan ikhlas atas ketentuan Allah SWT.
4. Nikmat ditutupinya aib kita oleh Allah SWT. Oleh karenanya, jangan suka membuka aib orang lain, Allah saja menutupi aib kita, maka tidak pantaslah jika kita membuka aib orang lain, apalagi membuka aib sendiri.

Berniat hal ini ketika bangun tidur:
1. Taat atas segala perintahNya. Perintah Allah bukan saja tentang hablumminallah saja yaa tapi juga hablumminannaas.
2. Menjauhi semua larangan Allah. Larangan ini juga meliputi 2 aspek di atas yaa.. 
3. Menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebagai manusia. Niatkan semua untuk mencari ridha Allah, menjadi orang yang bermanfaat, dan bisa menyenangkan orang lain. Jika semua dilakukan dengan dasar cinta dan ikhlas karena Allah, maka semua akan menjadi ringan rasanya :)

Melakukan 4 hal ini sebelum tidur:
1. Menyelesaikan permasalahan, kalau ada kesalahan yaa meminta maaf, menghalalkan perkara yang sedang dihadapi, sehingga kita bisa tidur dengan tenang. Inilah pentingnya menjaga diri dan lisan dari menyakiti orang lain.
2. Melaksanakan semua kewajiban kita kepada Allah. Karena "nash"nya manusia itu menunda, jadii.. segera lakukan tanggungan kita, terutama dan yang terpenting shalatlah sebelum tidur. 
3. Bertaubat kepada Allah. Hidup ini benar-benar sebuat pilihan, dan karena hidup cuma sekali, pastikan kita memilih jalan yang benar yaa..
4. Berwasiat tentang kebaikan. Seperti mengingatkan pasangan untuk shalat dulu sebelum tidur, menasehati anak tentang kebaikan, dsb.

Ini adalah beberapa hal yang kudapat saat "ngaji", semoga bisa menjadi #selfreminder, sekaligus pengingat bersama. Semoga bermanfaat ;)

0 komentar: