Monday, October 01, 2012

Pentingnya Mengenali Pribadi Seseorang


Salah satu hal yang menyenangkan di dunia ini menurutku adalah, mengenali kepribadian seseorang. Sungguh unik dan menarik, seperti hasil browsingku untuk mencari 4 pola dasar manusia ini, Sanguinis, Melankolis, Koleris, Plegmatis. Semoga bermanfaat dan bisa membuat lebih bijak dalam menghadapi seseorang, selamat mengenali diri. :)


SANGUINIS



Si periang ini, sorot matanya berbinar dan ceria, pupil matanya cenderung besar. Dia suka bicara, tertawa, heboh, antusias, ekspresif, punya banyak stok humor, dan suka ngerjain orang. Saat berbicara, maka seluruh wajah juga kebanyakan anggota tubuhnya akan ikut bergerak untuk menguatkan pesan yang disampaikan, tidak bisa diam. Sanguin penuh rasa ingin tahu, tidak akan sungkan bertanya rahasia orang. Berpikirnya cepat, dan tahu alternatif yang lebih menyenangkan. Pribadinya dinamis, spontan, demonstratif, emosional, tulus, senang bergaul, hebat di permukaan, mudah berteman dan menyukai orang lain, mudah memaafkan (tidak pendendam).  Dia tidak suka tugas yang membosankan, rutinitas, detail, sasaran terlalu tinggi. Jika berpakaian, dia relatif trendi, berani memakai warna yang mencolok. Komentar/ pujian/ perhatian terhadap apa yang dipakai/ dimilikinya akan membuatnya bahagia.

Mereka suka membesar-besarkan suatu hal, mudah dikendalikan oleh keadaan/ orang lain (suka nge-Gank), sering minta persetujuan, sulit berkonsentrasi, banyak bicara saat bekerja dan melupakan kewajiban, mudah berubah-ubah, kurang rapi, susah tepat waktu jam kantor, prioritas kegiatan kacau, mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas, sering mengambil permasalahan orang lain menjadi seolah-olah masalahnya, egois, sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yang sama, serta konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/ save money”.

Jika bertemu dengan orang Sanguinis, selalu ingat: dia senang pujian dan senang diperhatikan. Ketika dia bercanda sebaiknya Anda tertawa. Anda boleh meledek dia, tapi berhati-hatilah untuk tidak mengkritik dia.


MELANKOLIS


Si Sempurna ini, saat bicara suka menggunakan kata yang menunjukkan banyaknya pertimbangan, misalnya kata "tergantung", "lihat nanti", dsb, hal ini juga berpengaruh pada lamanya mengambil sebuah keputusan. Jika sedang duduk atau mendengarkan orang bicara, cenderung bersikap non verbal misalnya tangan di pipi, di dagu, seperti sedang mengevaluasi sesuatu. Gaya berpakaiannya cenderung konservatif, tidak menggunakan motif yang berani atau jika memakai kemeja, dimasukkan dengan begitu rapinya.

Melankolis itu analitis, mendalam, pemikir, serius dan bertujuan, terjadwal, artistik, musikal, kreatif, mau mengorbankan diri dan idealis, standar tinggi dan perfeksionis, senang perincian, tekun, serba tertib dan teratur (rapi), hemat, kalau sudah mulai, dituntaskan, berteman dengan hati-hati (sulit bersosialisasi), puas di belakang layar, mau mendengar keluhan, setia, romantis, serta sangat memperhatikan orang lain.

Mereka cenderung melihat/ mengingat sesuatu dari sisi negatif, murung dan mudah tertekan, pendendam, mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah, lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan, terlalu menganalisa dan merencanakan, sensitif, sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang), serta skeptis terhadap pujian.

Jika bertemu si Melankolis, selalu ingat dia tidak suka terlalu basa basi. Hati-hati jika meledek dia. Perasaannya lebih sensitif daripada yang lain. Tidak perlu juga mengkritiknya karena biasanya para melankolis mampu mengkritisi dirinya sendiri. Melankolis membutuhkan "sensitivity-support-space-silence", dan menghindari keributan, urusan sepele, diolok-olok,dan kebosanan.


KOLERIS

Si pemimpin ini sorot matanya tajam dan berani bertatapan lama, jadi hati-hati kalau sampai terhipnotis pesonanya ya.. :) Sikap duduknya tegak dan terkesan superior/ defensif. Dia bisa tiba-tiba membetulkan kerah baju Anda yang melenceng, mengambilkan ballpoin orang lain yang jatuh meski agak jauh dari posisinya. Di sisi lain, dia suka menyuruh orang atau sangat gigih membuat orang lain menerima pendapatnya, bahkan dia ga keberatan berdebat untuk itu.

Koleris seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, berkemauan keras dalam mencapai sasaran, bebas dan mandiri, suka tantangan, berprinsip “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”, solutif, praktis, dan bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas, membuat dan menentukan tujuan, mau memimpin dan mengorganisasi, biasanya punya visi, serta unggul dalam keadaan darurat.

Mereka tidak sabar dan cepat marah, senang memerintah, susah sedikit santai, menyukai kontroversi dan pertengkaran, terlalu kaku dan keras, tidak menyukai air mata dan emosi, tidak simpatik, tidak suka bertele-tele, keputusan sering tergesa-gesa, banyak tuntutan pada orang lain, cenderung memperalat orang lain, menghalalkan segala cara demi tujuan, gila kerja, sulit minta maaf, mungkin selalu benar tetapi tidak popular.

Jika bertemu orang Koleris, ingatlah dia suka ketika orang lain memberi pengakuan atau apresiasi akan prestasinya. Biarkan dia banyak bicara dan bersikap dominan. Anda tak harus sepakat dengan dia, tapi sebaiknya Anda terlihat mendengarkan dengan baik apa yang dia sampaikan.


PLEGMATIS


Si Pecinta Kedamaian ini gaya bicaranya pelan dan pendengar yang baik terutama jika dalam sebuah perkumpulan. Saat duduk, pinggangnya lebih dekat atau menyentuh alas duduk *bisa ngebayangin kan ya? :)* Dia orang yang penurut, hampir tidak bisa menolak permintaan orang lain/ keputusan yang sudah ada.

Plegmatis mudah bergaul, santai, tenang, teguh, sabar, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, kuat di bidang administrasi, cenderung ingin segalanya terorganisasi, penengah masalah yang baik, cenderung berusaha menemukan cara termudah, baik di bawah tekanan, menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan, humoris, senang melihat dan mengawasi, peduli, serta mudah rukun dan damai.

Mereka cenderung tidak suka perubahan/ kegiatan baru, takut dan khawatir, menghindari konflik dan tanggung jawab, keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar), terlalu pemalu dan pendiam, humor kering dan mengejek (sarkatis), kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan kurang memotivasi diri, lebih suka sebagai penonton daripada terlibat, tidak senang didesak, serta suka menunda/ menggantungkan masalah.

Jika bertemu Plegmatis, ingatlah kita tidak punya terlalu banyak larangan. Plegmatis adalah kaum yang paling easy going dan enak diajak ngobrol. Plegmatis membutuhkan perhatian, pujian, dan motivasi. Menghindari konflik atau konfrontasi, inisiatif, keputusan, kerja ekstra, dan tanggung jawab.

Keempat pola dasar itu bisa saja dimiliki semua orang, hanya lebih dominan yang mana. Hal itu membuat ada banyak sekali kombinasi watak, ada Koleris-Sanguinis, Koleris-Melankolis, Plegmatis-Melankolis, dan lainnya.

*Nhaa.. termasuk yang manakah dikau, teman? Kalau aku, kayaknya Sanguinis yang dicampuri sedikit Melankolis :D Sedang anakku, lebih ke Koleris Sanguinis, dengan kadar Koleris parah, hahahhaa.. Eeee tapi banyak temannya lho dia.. :) Beda lagi dengan suamiku, Sanguinis juga, namun ada sisi Plegmatis dalam dirinya, cinta damai.. ga suka nyari masalah, ngemong, sabar.. Aaahh apapun itu, i love my family.. more than anything in the world.. :)

Dari berbagai sumber di Internet

2 komentar:

diary-kenzie said...

Aku apa dong Ke.? hehe

Keke Purnama said...

@diary-kenzie: hehehe, kayaknya melankolis plegmatis yo Sih? :D