Friday, April 18, 2014

Sarapan Yuukkk



  1. Hidup itu seperti ROTI. Berawal dari bagian-bagian kecil yang menyatu dengan baik. Tepung, gula, mentega, telur, ragi, dll.
  2. Walaupun diaduk, diputar, diremas, dibanting. Semua itu tak merusaknya, bahkan membuatnya makin menyatu, lembut, dan kalis.
  3. Hanya setelah bersatu dengan baik, adonan tadi bisa berkembang. Andai tepung terlalu sombong tak mau bersama ragi, tentu ia tetap akan menjadi tepung.
  4. Individu yang mau bersatu dalam sebuah tim, akan berkembang bersama timnya. Yang individualitas, akan tetap seperti ia bermula, bukan siapa-siapa.
  5. Setelah mengembang, adonan dipotong, dicabik, digiling. Tapi justru proses inilah yang membentuk individu roti jadi long john, kadet, atau lainnya.
  6. Ujian tak berhenti sampai di situ, rotipun selanjutnya digoreng atau dipanggang. Ditempa dengan panas malah makin membuatnya berkembang.
  7. Hanya mereka yang selamat dari ujian bantingan, pemotongan, dan tempaan panas yang layak dihias dengan topping menawan. Yang lainnya... dibuang.
  8. Ada adonan yang tak menyatu dengan baik, gagal berkembang. Ada yang dipotong terlalu besar, tidak matang. Ada juga yang gosong dalam panggangan.
  9. Seperti itulah hidup. Ada yang gagal di tahap awal, masih bisa mengulangi prosesnya. Tapi yang gagal di ujian akhir, gosong di panggangan, dibuang.
  10. Hanya yang sudah melewati ujian terberat dalam panggangan yang dihias dengan cantik dan dihargai dengan nilai yang berkali kali lipat dari nilai bahannya.
  11. Jadi kalau merasa sedang diputar-putar, dipukuli bertubi-tubi, dibanting. Bersabarlah, itu tandanya sedang diproses menjadi lebih lembut seperti adonan roti.
  12. Kalau merasa didiamkan, dikucilkan, bahkan seperti ditutup dengan kain basah yang pengap. Itu tandanya sedang dalam proses berkembang, seperti roti.
  13. Kalau merasa dipotong, dicabik, digilas. Itu tandanya sedang dibentuk menjadi individu yang unik. Seperti roti yang beraneka macam bentuk.
  14. Kalau merasa panas. Bersabarlah, karena setelah itu akan lebih berkembang lagi dan dihiasi dengan topping yang cantik. Nilaimu akan lebih tinggi.


Okeeee, selamat sarapan ROTI..!! Selamat menikmati daaaannn Semangat pagiiii..!! ^_^

*Silakan dibagi kalau rasanya enak :) -picture taken from mbah Google-

0 komentar: